KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH/MADRASAH BERSATANDAR NASIONAL (US/M-BD) TAHUN PELAJARAN 2017/2018 NO LINGKUP MATERI MATERI LEVEL INDIKATOR SOAL BENTUK SOAL NOMOR SOAL 1 2 Bilangan Operasi hitung bilangan cacah L1 • Peserta didik dapat menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal empat angka) PG 1 L1 • Peserta didik dapat menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya PG 2 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah (operasi hitung campur) UT 39 Operasi hitung bilangan bulat L2 • Peserta didik dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat (minimal tiga bilangan dua angka) PG 3 L2 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat PG 4 Operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga L2 • Peserta didik dapat menghitung hasil operasi hitung penjumahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua PG 5 L1 • Peserta didik dapat menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan PG 6 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan akar pangkat tiga PG 7 KPK dan FPB L1 • Peserta didik menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan/dua angka PG 8 L2 • Peserta didik dapat menentukan FPB atau KPK dari dari tiga bilangan/ dua angka dalam bentuk faktorisasi PG 9 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan FPB atau KPK UT 40 Pecahan L1 • Peserta didik dapat mengurutkan berbagai bentuk pecahan PG 10 L1 • Peserta didik dapat menjumlahkan atau mengurangi berbagai bentuk pecahan PG 11 L1 • Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian bilangan pecahan PG 12 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan UT 41 Perbandingan L2 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan perbandingan senilai dengan tema tertentu PG 13 L2 • Peserta didik dapat menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan tema tertentu PG 14 Geometri dan Pengukuran Satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum L2 • Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda. PG 15 L2 • Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda PG 16 L2 • Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda PG 17 L2 • Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda PG 18 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda UT 42 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan UT 43 Luas dan keliling segiempat L2 • Peserta didik dapat menentukan luas atau keliling bangun segiempat PG 19 Luas dan Keliling lingkaran L2 • Peserta didik dapat menentukan luas atau keliling bangun lingkaran atau bagian dari lingkaran (setengah, seperempat, atau tiga perempat) PG 20 Sifat-sifat bangun datar L1 • Disajikan sifat-sifat bangun datar, peserta didik dapat menentukan bangun datar tersebut PG 21` L1 • Disajikan gambar bangun datar, peserta didik dapat menentukan sifat-sifatnya. PG 22 L2 • Peserta didik dapat menghitung hasil luas gabungan dua bangun datar yang berbeda PG 23 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan luas bangun datar PG 24 Sifat-sifat bangun ruang L1 • Disajikan sifat-sifat bangun ruang, peserta didik dapat menentukan bangun ruang tersebut PG 25 L1 • Disajikan gambar bangun ruang, peserta didik dapat menentukan sifat-sifatnya. PG 26 L2 • Disajikan gambar balok dengan ukurannya, peserta didik dapat menentukan luas permukaan bangun balok PG 27 L2 • Peserta didik dapat menghitung volum bangun balok atau kubus PG 28 L2 • Peserta didik dapat menghitung volum bangun tabung PG 29 L2 • Peserta didik dapat menghitung volum dari gabungan dua bangun ruang yang berbeda. PG 30 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volum bangun ruang UT 44 Koordinat Kartesius L2 • Peserta didik dapat menentukan salah satu koordinat bangun datar yang belum diketahui PG 31 Simetri dan pencerminan L1 • Peserta didik dapat menentukan hasil pencerminan bangun datar PG 32 L1 • Peserta didik dapat menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu bangun datar PG 33 3 Pengolahan Data Penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran L2 • Disajikan data tentang kegiatan ekonomi, peserta didik dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk tabel PG 34 L2 • Disajikan data bertemakan pendidikan , peserta didik dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk diagram batang atau diagram lingkaran PG 35 L2 • Disajikan data dalam bentuk diagram batang atau lingkaran, peserta didik dapat menafsirkan sajian data tersebut PG 36 Rata-rata hitung dan modus L2 • Disajikan sekumpulan data, peserta didik dapat menentukan rata-rata data tersebut PG 37 L1 • Disajikan sekumpulan data, peserta didik dapat menentukan modus data tersebut PG 38 L3 • Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang bertemakan makhluk hidup yang berkaitan dengan rata-rata UT 45 Catatan : Level 1 : 14 soal Level 2 : 22 soal Level 3 : 9 soal Jumlah : 45 soal Jakarta, 7 Februari 2018 Tim Penyusun 1, Widodo 2. Rusto Wibowo 3. Rumiyati 4. Syauri Palupi

Komentar